RPP Kelas IX
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPA (Fisika)
Kelas/ Semester : IX/1
Pertemuan Ke- : 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 x 40 menit)
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar: 3.1 Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :
· Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukan sifat muatan listrik
· Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik dan jarak antara benda bermuatan listrik.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, diharapkan siswa mampu
· Menentukan muatan benda apabila kelebihan atau kekurangan electron
· Menentukan interaksi dua benda yang berbeda muatan apabila didekatkan
· Menghitung Gaya interaksi pada dua buah muatan dengan hukum Coulomb
· Menuliskan bunyi hukum coulomb
· Menyebutkan sifat-sifat muatan listrik
II. Materi Pembelajaran
1. Materi Pokok
· Sifat-sifat Muatan Listrik
· Hukum Coulomb
2. Uraian Materi
· Sifat-sifat muatan listrik
Muatan-muatan listrik sejenis saling menolak (tolak-menolak) sedangkan muatan-muatan listrik tidak sejenis saling menarik (tarik-menarik). Interaksi gaya antara muatan-muatan di atas disebabkan adanya medan listrik yang ditimbulkan oleh setiap muatan.
Gaya Coulomb
Besarnya gaya tarik / gaya tolak (F) antara muatan-muatan listrik yang berada pada jarak (r) dapat ditentukan menggunakan dasar hukum coulomb :" Besarnya gaya tarik dan gaya tolak berbanding lurus dengan muatan masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua muatan",Dirumuskan sebagai berikut :
III. Strategi Kegiatan Pembelajaran
1. Informasi/ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (10”)
· Motivasi
Guru membuka pelajaran, diteruskan dengan pemberian kuis tentang materi dasar benda bermuatan listrik.
· Apresiasi
Melakukan diskusi kelas untuk menyebutkan peristiwa yang berhubungan dengan materi benda bermuatan listrik.
2. Kegiatan Inti (60”)
· Melakukan diskusi kelas untuk menunjukkan partikel-partikel penyusun materi.
· Melakukan diskusi kelas untuk membedakan atom netral, atom bermuatan positif, dan atom bermuatan negatif.
· Melakukan pengamatan demonstrasi dan disertai tanya jawab untuk menunjukkan adanya benda bermuatan listrik.
3. Kegiatan Akhir (10”)
Dengan cara tanya jawab, guru menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi Benda Bermuatan Listrik, diteruskan dengan memberi tugas mandiri yang dapat berupa tugas membaca untuk persiapan pertemuan berikutnya. Dan berupa PR
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Alat/Bahan
Penggaris plastik, sisir plastik, kain wol dan potongan-potongan kecil kertas
2. Sumber
Buku Mari Belajar Ilmu Sekitar SMP 3 hal.113-116 terbitanpust Perbukuan Depdiknas
Buku Sains Fisika SMP 3 hal. 1 – 5 terbitan Tiga Serangkai
3. Sarana/Media
OHP, Papan Tulis, Chart, Model, Digital Projector
VI. Penilaian
· Pengamatan keaktifan berinteraksi dalam proses pembelajaran dan menjawab pertanyaan dalam tanya jawab/diskusi.
· Tes Tulis
· Tes Uraian
· Pengamatan sikap, minat, dan tingkah laku siswa dalam proses pembelajaran.
Soal
1. Dua muatan sejenis besarnya 2 x C dan C. Jika jarak kedua muatan 6 cm, berapakah gaya coulomb yang dialami kedua muatan?
2. Dua buah muatan besarnya Q1 dan Q2 berada pada jarak r memiliki gaya columb sebesar Fc. Berapak besar gaya coulumb jika:
a. Muatan pertama di perbesar 6 kali
b. Jarak kedua muatan di peresar 4 kali
Dilaksanakan, ...................
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Fitri Awaliyah Malik
NIP. ................................
Guru Fisika
Fitri Awaliyah Malik
NIM. 208 204 025
Comments
Post a Comment