TSUNAMI DAN PROSES TERJADINYA

Tsunami??? 
Oiya, seblumnya kalian tahu kan apa itu tsunami, yang jelas tsunami itu selalu banyak memakan korban. Nach sekarang kita bahas, bagaimana proses terjadinya tsunami... 
Tsunami adalah gelombang laut yang terjadi akibat adanya perubahan bentuk dasar laut secara tiba-tiba dan ini dapat diakibatkan oleh gempa bumi, letusan gunung berapi, atau longsoran. Tsunami juga bisa ditimbulkan oleh kegiatan gunung berapi di bawah permukaan laut.Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang berarti “gelombang ombak lautan”. Gempa bumi, pergerakan besar di dasar maupun permukaan laut, letusan gunung berapi, dan berbagai macam letusan bawah laut dapat menyebabkan tsunami. Tsunami dapat terjadi jika ada pergeseran vertikal pada pertemuan dua lempeng bumi. 
Proses Terjadinya Tsunami Di lautan dalam, tsunami yang kuat dapat bergerak 700 km per jam. Tsunami bergerak dengan kecepatan ratusan kilometer per jam di samudra dengan tinggi gelombang hanya 1 meter. Semakin dalam laut, semakin cepat gelombang tsunami merambatNamun, ketika memasuki perairan dangkal dekat daratan, kecepatan tsunami melambat dan kekuatan serta ketinggian gelombang bertambah. Tingginya gelombang tsunami saat menghantam pantai dapat mencapai hingga 30 meter.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH LITOSFER kelompok 8

SKALAR DAN VEKTOR

Litosfer dalam Al-Quran