ENERGI

Pengertian Energi 
Energi (disebut juga tenaga) adalah kemampuan untuk melakukan usaha.
Energi dari suatu benda adalah ukuran dari kesanggupan benda tersebut untuk melakukan suatu usaha. 
Secara umum, adanya energi diketahui oleh pengamat setiap ada pergantian sifatobjek atau sistem. Tidak ada cara seragam untuk memperlihatkan energi; 



Satuan 



Satuan SI untuk energi dan kerja adalah joule (J), Dalam istilah yang lebih mendasar 1 joule sama dengan 1 newton-meter dan, dalam istilah satuan dasar SI, 1 J sama dengan 1 kg m2 s−2. 



Energi Kinetik atau Kinetis 



Energi kinetik adalah energi dari suatu benda yang dimiliki karena pengaruh gerakannya. Benda yang bergerak memiliki energi kinetik. 



Rumus atau persamaan energi kinetik : 



Ek = 1/2.m.v^2 



Keterangan 



Ep = energi kinetik 



m = massa dari benda 



v = kecepatan dari benda 



v^2 = v pangkat 2 



Energi kinetik adalah bagian energi yang berhubungan dengan gerakan suatu benda. 



Persamaan di atas menyatakan bahwa energi kinetik (Ek) sam dengan integral dari dot product velocity ( ) sebuah benda dan infinitesimal momentum benda ( ). 



Hukum Kekekalan Energi 



" Energi tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan " 



Jadi perubahan bentuk suatu energi dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain tidak merubah jumlah atau besar energi secara keseluruhan. 



Rumus atau persamaan mekanik (berhubungan dengan hukum kekekalan energi) : 



Em = Ep + Ek 



Keterangan 



Em = energi mekanik 



Ep = energi kinetik 



Ek = energi kinetik 



Energi potensial atau Energi Diam 



Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda akibat adanya pengaruh tempat atau kedudukan dari benda tersebut. Energi potensial disebut juga dengan energi diam karena benda yang dalam keaadaan diam dapat memiliki energi. Jika benda tersebut bergerak, maka benda itu mengalami perubahan energi potensial menjadi energi gerak. Contoh misalnya seperti buah kelapa yang siap jatuh dari pohonnya, cicak di plafon rumah, dan lain sebagainya. 



Rumus atau persamaan energi potential : 



Ep = m.g.h 



Keterangan 



Ep = energi potensial 



m = massa dari benda 



g = percepatan gravitasi 



h = tinggi benda dari tanah 



Berlawanan dengan energi kinetik, yang adalah energi dari sebuah sistem dikarenakan gerakannya, atau gerakan internal dari partikelnya, energi potensial dari sebuah sistem adalah energi yang dihubungkan dengan konfigurasi ruang dari komponen-komponennya dan interaksi mereka satu sama lain. Jumlah partikel yang mengeluarkan gaya satu sama lain secara otomatis membentuk sebuah sistem dengan energi potensial. Gaya-gaya tersebut, contohnya, dapat timbul dari interaksi elektrostatik (lihat hukum Coulomb), atau gravitasi. 



Energi internal 



Energi internal adalah energi kinetik dihubungkan dengan gerakan molekul-molekul, dan energi potensial yang dihubungkan dengan getaran rotasi dan energi listrik dari atom-atom di dalam molekul. Energi internal seperti energi adalah sebuah fungsi keadaan yang dapat dihitung dalam sebuah sistem.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH LITOSFER kelompok 8

SKALAR DAN VEKTOR

Litosfer dalam Al-Quran